2009-04-09

Usaha cetak photo

Dalam usaha cetak photo yang selama ini saya jalankan masih banyak kekuranganya, yach.. Maklumlah, namanya saja juga usaha, sebenarnya usaha yang saya jalankan ini tergolong sangat sederhana, lawong.. Modalnya saja cuman 5 juta, modal tersebut digunakan untuk membeli perangkat komputer, printer dll, termasuk perangkat koneksinya, rincianya sbb:

Camera digital, irda dan kabel data sudah ada (di kasih sama tetangga)
-1 unit perangkat komputer lengkap dengan mejanya Rp.4.000.000
-Printer Canon pixma ip1700 Rp.600.000
-Bluetooth Rp.50.000
-Card Reader Rp.75.000
-Sisa Rp.275.000 untuk membeli kertas photo dan tinta ink untuk isi ulang jika tinta printer berkurang, untuk software sudah ada dari tempat pembelian unit komputer, sofware tersebut adalah openoffice untuk pengetikan, winamp untuk pemutar music-nya dan adobe photoshop untuk edit dan cetak photo

Permasalahan yang saya hadapi sampai sekarang selain minimnya peralatan yang ada yaitu pelanggan yang ingin mencetak photo dari kamera handphone-nya, selain resolusinya rendah pencahayaanya yang kurang, jadi saya harus lebih berhati-hati dalam pengeditan photo tersebut untuk dicetak, kalau tidak bisa bangkrut saya, karena harus cetak ulang jika hasilnya tidak bisa memuaskan pelanggan, ada juga sih pelanggan yang ngerti dan sadar kalau kamera hp-nya beresolusi rendah, tapi bagaiman bagi pelanggan yang tidak mau tahu soal itu? Saya tidak akan cerita panjang lebar di sini, intinya bagaimanapun wong cilik itu susah kalau mau apa aja, pengetahuan kurang, informasi juga dan yang utama masalah modal, do'a-kan saja semoga tidak sampai putus asa, eh.. ada yang lupa, dengan adanya internet dan blogger saya sangat terbantu sekali, karena bisa dapatkan informasi dari internet untuk memajukan usaha saya, sebenarnya jika pemerintah cepat memberikan iajaringan internet di pedesaan masyarakat akan terbantu seperti saya ini, semoga saja tahun ini di tempat saya sudah ada internet kabel, jadi saya ngak sibuk lagi bongkar pasang modem hp

Masalah yang lain dalam mejalankan usaha cetak photo saya itu ada pada kualitas printer, harganya saja segitu, tapi lagi-lagi infomasi dari internet membantu saya, dengan sedikit otak-atik pada printer sudah bisa menyerupai standart cetak photo yang ada, sampai di sini dulu ya.. Kita sambung lagi nanti di topik yang sama, semoga jadi masukan buat teman-teman.

Yang mau duit receh bisa gabung di sini.

1 komentar:

Komentar anda tentang tulisan ini di http://deblenks.blogspot.com